Pagar

Seiring dengan kemajuan zaman maka terjadi  perkembangan pada cara pandang tentang kehadiran pagar pada rumah tinggal selain memberikan rasa aman dan nyaman serta privacy, juga turut menambah nilai artistik pada rumah dan meningkatkan apresiasi selera dan cita rasa seni yg tampil indah dan selaras dengan konsep bangunan.

Adapun prinsipnya ada 2 fungsi yaitu fungsi fisik dan psikis, diantaranya sebagai berikut :
  1. Dilihat dari fungsi fisiknya bisa berperan sebagai pembatas kepemilikan suatu lahan atau barang serta akan membatasi area yang menjadi pemilik.Selain area,barang atau benda yang tercakup didalam pagar juga menjadi milik,misalnya meja,area, kursi taman,tanaman buah dan tanaman hias.Lahan yang dibangun pun harus memiliki pagar. Hal ini bertujuan untuk menegaskan bahwa lahan tersebut sudah ada hak kepemilikanya sehingga mencegah munculnya pemukiman liar atau bangunan liar.
  2. Dilihat dari fungsi fisiknya adalah adanya pagar dapat membuat rasa aman dan tenang bagi penghuninya. Pada malam hari penghuni rumah dapat tidur dengan tenang karena pagar rumah sudah terkunci. Jika dari bentuk dan bahan yang dipakai, sebuah pagar juga berfungsi sebagai pelindung. Artinya, adanya pagar dapat melindungi rumah dan penghuninya dari hal-hal yang tidak diinginkan dalam batas-batas tertentu.